MAU MENYAMPAIKAN DOKUMEN TAGIHAN PADA MASA DARURAT CORONA? eSPM AJA!

Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengeluarkan peraturan terbaru terkait mekanisme pengiriman dokumen tagihan secara elektronik pada masa keadaan darurat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melalui Surat Edaran Nomor SE-31/PB/2020. Sebelum diterbitkannya Surat Edaran tersebut, Satuan Kerja (Satker) pengguna aplikasi SAS menyampaikan ADK SPM/SP3B BLU atau SP2HL/SP4HL dan scan pdf SPM/SP3B BLU atau SP2HL/SP4HL (bertanda tangan) melalui email resmi Satker yang terdaftar di KPPN berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-25/PB/2020. Setelah dilakukan penyempurnaan terhadap aplikasi eSPM, mulai 27 April 2020 seluruh Satker mengirimkan dokumen ADK SPM/SP3B BLU atau SP2HL/SP4HL dan scan pdf-nya ke KPPN melalui aplikasi eSPM.

Untuk dapat menggunakan aplikasi eSPM, masing-masing petugas upload Satker yang merupakan pemegang KIPS harus melakukan aktivasi user terlebih dahulu dengan mengubah password di eSPM sebagai berikut.

  1. Login https://espm.kemenkeu.go.id dengan username kombinasi nomor KIPS dan Kode Satker (informasi username dapat berkoordinasi dengan KPPN) dan password p4ssw0rd!.
  2. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa user belum aktif. Klik tombol OK untuk menutup notifikasi..
  3. Klik username di pojok kanan atas dan pilih tombol
     PROFILE
  4. Form perubahan password akan muncul. Masukkan password lama (p4ssw0rd!), password baru, dan konfirmasi password untuk mengaktifkan
  5. Setelah klik Simpan User, user akan aktif dan redirect ke halaman login. Login kembali dengan password.

 

Setelah melakukan aktifasi user, selanjutnya Satker dapat mengunggah dokumen SPM/SP3B BLU atau SP2HL/SP4HL sebagai berikut.

  1. Masuk ke eSPM dan pilih menu >
     upload >> SPM
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan untuk melakukan upload file-file SPM

Catatan:

  • Upload eSPM tidak membutuhkan tanda tangan elektronik
  • Format ADK SPM adalah .spm
  • Format Lampiran SPM adalah .zip
  • Format Rekap SPM (informasi jumal dan nomor SPM dalam ADK tersebut) adalah .csv
  1. Setelah berhasil import file-file SPM, klik Simpan untuk kirim ke KPPN.

Setelah melakukan upload ADK, Satker dapat memantau posisi, status, dan checklist hardcopy SPM/SP3B BLU atau SP2HL/SP4HL yang sudah diupload termasuk alasan penolakan (apabila ada penolakan) melalui menu Monitoring SPM sebagai berikut.

  1. Akses menu >
     MONITORING>> SPM

    untuk menampilkan daftar SPM yang sudah dikirim Satker.

  2. Untuk melihat status per nomor SPM dalam ADK SPM, klik tombol “+” pada kiri baris ADK SPM
  3. Untuk mempermudah, bisa dilakukan pencarian atau penyaringan dengan memilih Kode Satker, Status ADK, atau Rentang Tanggal Pengiriman.

 

Selanjutnya, KPPN akan menyelesaikan proses tagihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Apabila hardcopy SPM beserta bukti pendukung telah diterima oleh KPPN, petugas FO Konversi dapat melakukan checklist di eSPM, untuk monitoring dan verifikasi penerimaan softcopy dan hardcopy dokumen tagihan.

1 Comment

  • acne hormonale femme

    Spot on with this write-up, I truly think this web site needs a
    great deal more attention. I’ll probably be back again to read
    more, thanks for the advice!

  • Write a Comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.