Berita dan Kegiatan

KEGIATAN DONOR DARAH DALAM RANGKA PERBENDAHARAAN BERBAGI HARI BAKTI PERBENDAHARAAN TAHUN 2019 – KPPN Bandung II

  “ GIVE BLOOD  SAVE LIFE “

Dalam rangkaian acara memperingati Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019, KPPN Bandung II melaksanakan kegiatan “Perbendaharaan Berbagi” yaitu dengan mengadakan acara donor darah dan santunan kepada anak yatim piatu.

Pelaksanaan acara donor darah dalam rangka kegiatan “Perbendaharaan Berbagi” dilaksanakan di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung bertempat di Jl. Aceh No. 79 Bandung pada tanggal 19 Februari 2019 dan di ikuti oleh 25 orang pendonor yang berasal dari karyawan/ karyawati KPPN Bandung II, pegawai PPNPM, dan mahasiswa/mahasiswi STAN yang sedang melaksanakan praktek kerja lapang di KPPN Bandung II.

Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk menumbuhkan/meningkatkan rasa peduli kepada sesama bagi insan perbendaharaan khususnya bagi para pegawai KPPN Bandung II. Juga merupakan salah satu wujud pelaksanaan nilai-nilai kementerian keuangan yaitu “Sinergi”. KPPN Bandung II tidak hanya berusaha meningkatkan sinergi di lingkup internal KPPN Bandung II saja, namun juga berusaha meningkatkan sinergi dengan lingkungan eksternal, sesuai dengan tema Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019 yaitu “ Tingkatkan Sinergi Untuk Kemakmuran Negeri “.

Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Dengan menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.

Dikutip dari laman Tempo, data WHO menunjukkan bahwa kebutuhan darah di Indonesia per tahun mencapai sekitar 5,1 juta kantong darah, sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah. Angka yang kurang dari target ini mengakibatkan banyak rumah sakit masih sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah. Kurangnya ketersediaan darah diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah

Donor darah biasa dilakukan di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) dan/atau di beberapa waktu, ada pula penggalangan donor darah yang diadakan di tempat-tempat keramaian.

Manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja, melainkan juga bermanfaat bagi pendonor.

Berikut beberapa manfaat donor darah yang harus Anda ketahui :

1. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat donor darah terhadap penyakit jantung. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan donor darah.

Selain itu, manfaat donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Menurunkan risiko kanker

Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh Anda saat melakukan donor darah juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Sebaliknya, kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat donor darah lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Pendonor yang secara rutin menyumbangkan darahnya dapat mengalami penurunan berat badan yang berarti.

4. Mendeteksi penyakit serius

Setiap kali akan mendonorkan darah, Anda akan menjalani pemeriksaan dasar rutin seperti pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin.

Manfaat donor darah tidak hanya itu saja. Bagi pendonor, pemeriksaan ini tentu saja berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. Jadi selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, Anda juga dapat mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

5. Membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia

Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali.

Selain itu, menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

 

Semoga dengan pelaksanaan acara donor darah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas, juga khususnya bagi segenap keluarga besar KPPN Bandung II.

(Rietha)

 


error: Konten Dimiliki Oleh KPPN BANDUNG II
id_IDBahasa Indonesia