BeritaPengumuman

CAGEUR, CEGAH CORONA ALA KPPN BANDUNG II

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona COVID-19 sebagai pandemi pada Kamis (12/3/2020). Penetapan virus corona COVID-19 sebagai pandemi tersebut dikarenakan virus tersebut telah menyebar semakin luas di seluruh dunia.

Menurut John Hopkins University, hingga Rabu (18/3/2020), jumlah kasus virus corona mencapai 197.121 yang meliputi 153 negara. Jumlah kematian mencapai 7.916 orang. Meskipun demikian, jumlah pasien virus corona yang pulih atau sembuh juga semakin meningkat hingga 81.745 orang. Sementara itu, menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hingga Rabu (18/3/2020) jumlah pasien positif corona di Indonesia mencapai 172 orang. Dari 172 kasus tersebut, 8 di antaranya dinyatakan sembuh sedangkan 5 orang dinyatakan meninggal dunia.

Berikut ini langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran virus COVID-19 yang dapat dilakukan ala KPPN Bandung II:

  • Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air bersih dapat membunuh virus yang terdapat pada tangan. Cara lain yang dapat dilakukan apabila tidak terdapat sabun dan air bersih ialah dengan menggunakan penyanitasi tangan (hand sanitizer) yang berbahan dasar alkohol.

Mencuci tangan dilakukan setelah batuk atau bersin; sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sedang sakit; sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan; sebelum makan; setelah menggunakan toilet; ketika tangan tampak kotor; dan setelah memegang hewan atau kotoran hewan.

  • Awas! Jauhi Keramaian! Jangan Keluar Rumah Jika Tidak Perlu!

Social Distancing (pembatasan sosial) berarti menjaga jarak sekurang-kurangnya satu meter dengan orang yang sedang batuk atau bersin. Ketika seseorang batuk atau bersin, droplet yang keluar dari mulut atau hidung orang tersebut bisa saja mengandung virus. Apabila droplet tersebut terhirup oleh orang yang berada di dekatnya, orang tersebut dapat tertular virus yang terdapat pada droplet.

Selain itu, hindari melakukan kontak langsung dengan orang seperti berjabat tangan. Virus dapat berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya ketika sedang berjabat tangan. Hindari tempat-tempat ramai seperti pasar, mall, atau tempat ramai lainnya. Hindari keluar rumah jika tidak terpaksa.

  • Gunakan Masker Ketika Sakit dan Sedang Merawat Orang Sakit

Orang yang sehat hanya perlu menggunakan masker apabila ia sedang merawat orang yang sakit atau orang yang diduga terinfeksi COVID-19. Selain itu, orang yang perlu menggunakan masker ialah orang yang sedang batuk atau bersin.

Hal yang perlu diperhatikan ialah cara menggunakan dan membuang masker dengan benar setelah digunakan. Sebelum mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun atau penyanitasi tangan berbahan dasar alkohol. Pastikan masker menutupi mulut dan hidung dan tidak terdapat celah antara wajah dan masker. Hindari menyentuh masker ketika digunakan. Ganti masker dengan masker yang baru ketika masker mulai terasa lembap dan jangan gunakan masker sekali pakai secara berulang. Ketika melepaskan masker, lepaskan dari tali bagian belakang dan jangan menyentuh bagian depan masker. Buanglah masker sesegera mungkin ke dalam tempat sampah dan cucilah tangan menggunakan sabun dan air atau penyanitasi tangan berbahan dasar alkohol.

  • Enyahkan Kebiasaan Menyentuh Mata, Hidung, atau Mulut

Tangan dapat menyentuh banyak benda yang mungkin saja mengandung virus. Ketika tangan terkontaminasi virus, tangan dapat menyebarkan virus tersebut ke benda-benda yang kita sentuh, termasuk mata, hidung, dan mulut. Melalui mata, hidung, dan mulut virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan seseorang menjadi sakit.

  • Usahakan Menutup Mulut dan Hidung Ketika Bersin atau Batuk

Selalu tutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan siku bagian dalam atau tisu dan segera buang tisu yang telah digunakan. Dengan cara tersebut, droplet tidak menyebar ke udara dan menularkan virus ke orang-orang yang berada di dekat kita.

  • Rawat Diri dan Orang Tercinta. Selalu Makan Makanan Sehat. 

Cara melawan virus COVID-19 adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan makan makanan sehat kaya vitamin C, seperti buah dan sayur. Rajin berganti pakaian setelah kembali dari luar rumah. Tetap tinggal di rumah ketika merasa sakit. Ketika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit rujukan terdekat.

Show More

Related Articles

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Konten Dimiliki Oleh KPPN BANDUNG II
Close

Adblock Detected

Mohon Untuk Mematikan Adblock Detected Anda.